Tuesday, March 27, 2018

Tiga Anak Bawang - Kemanggisan


Tiga Anak Bawang

Dari luar tempatnya sepertinya menarik. Lokasinya ada di seberang pom bensin dan Pizza Hut Kemanggisan. Ambience tempat makannya enak dan nyaman dengan dekor interior yang menggunakan paduan warna kayu, abu-abu, dan hitam. Di setiap meja ada colokan bagi yang membutuhkan.

spices

Menu utama di sini adalah Rice Bowl dan Mie Matah, tapi ada juga steak, pasta, dan snack. Porsi untuk Rice Bowl dan Mie ada small (harga di kiri yang lebih murah), ada medium (harga sebelah kanan). Level pedasnya ada dari 0 sampai 5. 0 untuk yang tidak pedas sama sekali. Minumannya ada jus, kopi dan teh.

Edited note. Sewaktu memesan, saran saya, pastikan anda menunjuk harga yang diinginkan. Karena tidak jelas harga yang lebih mahal/murah itu masalah level pedas atau masalah porsi sebaiknya ditanyakan dulu ke pelayan. Jangan sampai lupa menu dan pilihan harga yang dipesan. Bila kasir mengeluarkan nota dengan nama menu yang salah, tetap kekeh minta direvisi dan jangan mau kalau dibilang harganya sama saja.

Setelah melihat catatan bon saya baru menyadari saya agak dikerjain oleh kasir. Jatuhnya saya bayar lebih mahal Rp10.000, tidak banyak mungkin tapi tetap saja mengecewakan karena dibohongi. Saya bilang mau pesan Pork Belly Noodle medium dengan asumsi harganya Rp35.000,- Ketika bayar, receipt yang keluar tertulis Wagyu Donburi Medium seharga Rp45.000,-

Sewaktu saya bilang itu salah menu, kasir tidak mau merevisi dengan alasan harga menunya sama, harga yang lebih murah itu 'small' dan yang lebih mahal itu 'medium' (Pork Belly yang lebih mahal harganya Rp45.000). Dan saya pun pikir ya sudahlah, lalu membayar.

Saya baru sadar belakangan kalau yang tertulis di receipt, Wagyu Donburi Medium itu harga sebelah kiri yang lebih murah. Kalau memang 'medium' yang lebih mahal, harusnya yg tertulis di receipt malah Rp55.000 dan bukan Rp45.000. Dan Pork Belly Noodle yang saya makan harusnya tetap Rp35.000 dan bukan Rp45.000.

Saya masih suka dengan beberapa makanan di sini, jadi saya tidak akan hapus pendapat saya soal pengalaman makan di Tiga Anak Bawang. Tapi saya masih cukup kecewa untuk balik lagi. Tapi saya tidak akan melarang orang lain untuk berkunjung. Sekedar mengingatkan untuk berhati-hati saja.

Gyutan Don Matah Special

Pertama kali mampir, saya memutuskan untuk cobain Gyutan Don Matah Special dengan extra Bratwurst. Sambal matahnya tetap dikasih tapi di jar terpisah. Saya tidak punya ekspektasi apa-apa sebelum makan, tapi sewaktu hidangan datang ternyata aromanya cukup menyenangkan. Gyutan Don nya disajikan dengan tumis Lawar Kacang Panjang yang dimasak dengan bumbu kuning kunyit. Pertama kalinya saya makan menu donburi tapi sayurnya pakai tumisan ala Indonesia. Bikin kangen masakan rumah waktu kecil.

Yang paling bikin istimewa dari donburi ini adalah daging gyutan nya yang ternyata enak banget~ Ini gyutan dengan tekstur terempuk dan terlembut yang pernah saya makan. Flavor nya juga gurih dan lezat. Siapapun yang nyiapin dan masak daging ini patut diancungi jempol.

Extra Bratwurst

Extra Bratwurst nya tapi biasa saja. Cukup gurih dan asin, teksturnya enak waktu digigit, tapi tidak istimewa. Dan saya agak keganggu dengan sedikit rasa asam pada sosisnya.

Dory Don Matah Special

Menu rice bowl lain yang sudah saya coba adalah Dory Don Matah Special. Tekstur ikannya entak kenapa agak kasar, biasanya dory soalnya empuk dan lembut banget. Rasa ikannya cukup asin, lebih enak diaduk-aduk dulu dengan nasi dan tumis lawarnya supaya kadar asinnya lebih pas di lidah.

Pork Belly Noodle

Untuk mie, saya nyobain Pork Belly Noodle Matah Special. Mie nya enak dan kenyalnya oke. Pork belly nya juga enak dan empuk. Hanya saja harusnya Pork Belly lebih berlemak sih. Gyutan dan Pork Belly adalah menu lauk favorit saya di 3 Anak Bawang. Kuah pendamping mie nya tapi sangat hambar, seperti hanya air panas yang dikasih minyak bawang dan sedikit kaldu. Kuahnya hanya saya gunakan untuk basahin mie nya sedikit dan bikin pangsitnya empuk.

Wagyu Cizzy

Wagyu Cizzy Steak nya lumayan tapi belum sampai mindblowing. Harga steaknya Rp120.000,-. Tekstur dan kualitas dagingnya cukup empuk dan mudah digigit. Rasa asin kejunya agak kuat, tapi overall rasanya masih agak hambar. Lebih enak kalau dipeper saus yang ada di pinggiran piring serta ditambah bawang. Porsinya pas buat light eater tapi mungkin agak kurang buat yang makannya banyak.

Carrot Cake

Untuk kue, saya ada pesan Carrot Cake. Potongan cake nya cukup besar. Sewaktu dihidangkan masih agak keras karena baru keluar dari lemari pendingin. Setelah ditunggu sejenak, cake nya jadi lebih empuk dan mudah dipotong. Mengingat kuenya di lemari pendingin sampai keras saya kurang yakin dengan kualitas kesegarannya.Overall kuenya termasuk oke tapi tidak wah banget and agak kurang worth it.

Healthy Green Juice

Healthy Green Juice ada di pilihan menu. Lumayan buat menambah asupan sayur dan buah. Sayurnya berasa banget dan saya suka paduannya dengan lemon. Sedotannya tapi kurang panjang sehingga agak susah diminum sampai habis.

Artisan Tea Remedy

Artisan Flower Tea Remedy kalau di menu tulisannya terdiri dari green tea, ginger, lemongrass, pandan, dan lemon. Saya pesan karena saya pikir enak nih lagi hujan minum teh yang sedikit asam dan hangat. Tapi lumayan kecewa karena lemonnya sama sekali ngga terasa. Sudah tanya orangnya (sapa tau ternyata lemonnya kelupaan) tapi katanya memang dari racikannya sudah seperti itu dari sananya. Teh ini perlu ditunggu lumayan lama sampai warnanya berubah dan jahe sereh pandan nya meresap. Kalau belum meresap ya kurang lebih seperti minum air panas doang.

Artisan Tea Blooming Flower

Artisan Tea yang Blooming Flower juga secara rasa biasa saja, tapi lebih menarik karena penampilan bunganya yang cantik. Teh ini juga perlu ditungguin cukup lama sampai warna teh nya oke dan bunganya mekar dan terlihat jelas di teko. Aromanya sebenarnya lumayan enak, tapi weak banget.


Tiga Anak Bawang Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

No comments:

Post a Comment