Wednesday, January 2, 2019

Yoiko Ramen 415 - Blok M


Yoiko Ramen 415

Yoiko Ramen 415 sebenarnya nama yang sudah lama berseliweran di kalangan pecinta ramen tapi baru belakangan saya kesampean nyicipin. Tempatnya ada di lantai 4 gedung seberang Hotel Mahakam, plang namanya juga kecil sederhana dan kadang nga nyala lampunya. Sewaktu sampai sempat bertanya-tanya ini restorannya buka apa ngga ya.

Untungnya restorannya buka dan cukup ramai. Saya makan berdua dengan adik saya dan memilih duduk di counter. Smoking area sih, tapi coba disabar-sabarin deh. Syukurlah tapi asap rokoknya tidak terlalu nyebar. Sebenarnya masih ada 2 ruangan lain yang sepertinya non-smoking dan dibuka kalau area yang ada counternya sudah penuh. Meskipun spesialisasinya ramen, restoran ini cenderung mirip izakaya karena menyediakan bir dan jenis-jenis makanan selain ramennya juga cukup banyak.

Shoyu Pork Ramen

Yang kami pesan adalah Tonkotsu Ramen, Shoyu Pork Ramen, dan Vegetable Curry Rice. Overall ciri khas ramen di sini menggunakan mie yang lurus tapi agak tebal dengan kuah yang cenderung oily dan pekat. Shoyu ramen misalnya meskipun kuahnya jernih ringan tapi waktu saya sruput ternyata citarasanya tetap rich. Kaldu ikan dan kecap asin nya dapet banget. Mie nya yang agak tebal juga cocok dengan rasa kuahnya.

Uniknya sewaktu masih panas banget sebenarnya saya agak kurang sreg dengan rasa kuahnya, tapi semakin turun suhunya rasa manisnya dan kaldunya semakin keluar dan dan makin dimakan saya malah makin suka.

Tonkotsu Ramen

Sedangkan Tonkotsu Ramen dari kuahnya saja sudah jelas ini tipe yang pekatnya lebih nonjok dan rich. Tonkotsu ramen justru paling pas dinikmati sewaktu lagi panas-panasnya. Mienya yang berbalur kuah kaldu tonkotsu yang pekat menjadi kombinasi yang nikmat dan lumayan bikin saya nga bisa berhenti nyruput. Hanya saja semakin dingin citarasanya justru jadi kurang enak karena rasa asinnya makin berasa dan makin ngalahin rasa gurih kaldu daging.

Untuk topping tapi overall biasa saja. Chasiu nya lumayan enak, tapi tidak sampai waw, dan cuma dapat selembar. ^^;

Gyoza

Penggemar gyoza tapi boleh banget nyobain Gyoza nya Yoiko Ramen. Untuk gyoza restoran Jepang ini yang terbaik yang pernah saya cicipi. Ukurannya oke, tekstur dan rasa daging di dalamnya juga dapet banget meskipun kami makan yang ayam (mie nya soalnya sudah babi dua-duanya jadi kami pilih ayam untuk gyoza). Kulit gyozanya tebalnya pas dan kuat, tidak mudah pecah. Crispy di permukaan tapi tetap kenyal dan juicy.

Vegetable Curry Rice

Vegetable Curry Ricenya juga enaaak~ dan kita bisa pilih 3 jenis toping yang kita suka. Ada beberapa yang tidak ada sih sewaktu saya pesan. Pilihan topping kari saya akhirnya wortel, kentang, dan jamur, Tekstur maupun rasa bumbu karenya sungguh nikmat dan ada sedikit rasa khas kaldu ikan. Porsinya juga memuaskan.

Secara tampilan restoran jangan kasih ekspektasi yang macam-macam sih. Tapi justru suasana tua ala izakaya nya memberikan kekhasan tersendiri. Rekomendasi saya Yoiko Ramen 415 cocok buat mereka yang suka tipe ramen yang agak tebal dengan kuah yang cenderung oily. Pilihan ramennya juga cukup bervariasi dengan kekhasannya masing-masing.


Yoiko Ramen 415 Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

No comments:

Post a Comment