Monday, February 12, 2018

Special Beef & Wagyu at Shaburi Shabu-Shabu


Sauces

Overall kesan saya mengenai Shaburi termasuk tips-tips nya sudah pernah saya post dan bisa dibaca di sini. Tapi kali ini saya ingin mereview daging-daging yang pernah saya cicipi di Shaburi satu persatu. Setiap daging harganya memang beda-beda baik yang paket maupun satuan. Jadi review kali ini semoga bisa membantu kalau bingung memutuskan mau paket yang mana, mau coba daging per plate saja atau apakah sekalian saja yang all you can eat. :d

Saus dagingnya ada ponzu, sweet tare, dan goma. Favorit saya yang sweet tare (warnanya coklat keruh berwijen) dengan rasa manis dan sedikit asam, serta goma tare yang manis creamy. Yang ponzu rasanya asam dengan sedikit hint rasa asin.

Tasty Beef

Tasty Beef
Ada di semua paket. Kalau pilih paket paling basic saya lebih suka tasty beef daripada low fat beef. Karena berlemak, dagingnya lebih empuk dan gurih. Tapi untuk yang menghindari lemak atau mengurangi kadar kolesterol mungkin sebaiknya jangan banyak-banyak pesan yang ini.

Low Fat Beef

Low Fat Beef
Ada di semua paket, warnanya merah semua dan hampir tidak ada marble lemak. Low fat beef enak dan juga lebih sehat, tapi teksturnya lebih kasar dan padat daripada tasty beef sehingga lebih gampang bikin kenyang. Kalau masaknya kematengan jadi kurang empuk.

Special Beef

Special Beef
Saya mencicipi Special Beef di Shaburi Central Park - Neo Soho. Memang sedikit lebih lembut dan lebih gurih, tapi tidak terlalu jauh bedanya dengan yang low-fat beef. Tekstur dan rasanya seperti ada di antara Low-Fat dan Tasty.




Shaburi Wagyu


Shaburi Wagyu
Warna merah berhias marblenya sungguh indah dan potongannya juga sedikit tebal dibanding jenis yang lain. Saya pesan ini di Shaburi Central Park - Neo Soho. Dibanding tipe daging lainnya yang ini mudah lepas per slice nya meski sedang direbus. Empuknya memang di atas Low Fat dan Special Beef. Meskipun Low Fat tidak kalah empuk tapi ketebalan dagingnya berbeda.

Hanya saja tingkat keempukkan dan kelembutannya masih di bawah ekspektasi awal saya. Dan dagingnya entah kenapa masih ada urat yang susah dikunyah. Baru kali ini makan di Shaburi saya kebagian daging berurat. Kurang tahu apakah memang tipe dagingnya begitu atau kebetulan saja saya kurang beruntung kebagiannya yang berurat?

Special Wagyu

Special Wagyu
Daging paling premium di shaburi dengan tampilan yang paling cantik dan tingkat marbling paling tinggi. Potongannya tapi tipis banget dan agak susah nyumpitnya karena mudah meleleh. Paling tipis diantara jenis lainnya. Rebusnya tinggal celup-celup dikit udah mateng. Waktu masuk mulut tapi memang berasa banget gurih sapinya serta teksturnya yang lembut. Tidak ada urat atau semacamnya. Daging yang ini saya cobainnya di Shaburi Citywalk Sudirman.

Duck
Menu smoked duck juga saya berkesempatan mencicipi sewaktu makan di Citywalk Sudirman. Gurihnya enak dan sedikit manis, kalo ngga dibilang bebek mungkin saya pikir sapi atau kambing. Tekstur dagingnya menarik dan lebih kasar daripada low-fat beef. Saya tidak tahu apakah ini seasonal menu atau bukan. Foto tidak tersedia karena khilaf. xd

Sejauh ini saya berasa kalau makan di Shaburi, kalau mau murah pilih paket yang paling murah saja dan kalau memang mau mewah pilih yang sekalian paling mahal. Tasty Beef nya sudah cukup lezat dan memuaskan serta masih ada juga daging gyudon yang enak di menu buffet. Special Beef nya soalnya tidak terlalu beda jauh dengan low-fat dan shaburi wagyu nya terasa agak nanggung.



No comments:

Post a Comment