Wednesday, February 14, 2018

Indian Arabian Cuisine at Koko Popo - Binus Syahdan



Satu lagi restoran etnik India Arab mampir di sekitar Binus yang menyajikan makanan minuman khas India dan Timur Tengah. Namanya Koko Popo. Tempatnya kecil menggantikan Mapple Plate, posisinya di seberang Chez Bubu dekat Binus Syahdan. Saya suka banget dengan bumbu khas Timur Tengahnya sehingga saya masih bisa menyanggupkan diri menghadapi rasa pedasnya.

Chicken Shawarma

Shawarma adalah makanan favorit saya di Koko Popo. Rasa isian daging dan sausnya enak. Berbeda dengan kebab-kebab jajanan binus yang pakai makaroni, di sini isian karbohidratnya pakai kentang goreng dan porsi dagingnya lebih terasa. Selain kentang goreng ada tomat dan potongan bawang bombai.

Harganya sekitar Rp 20ribu an tergantung pilihannya mau pakai ayam, sapi, atau tuna. Ukuran Shawarma Kebabnya juga cukup besar (mungkin se kebab monster yang 20cm an) dan roti kebabnya sedikit lebih tebal karena agak didobel.

Beef Shawarma

Tuna Shawarma

Chicken Shawarma paling ekonomis, daging ayamnya juga lezat dan empuk. Yang tuna juga lumayan, isinya pakai tuna mayo sehingga teksturnya paling creamy dan gampang bikin kenyang. Favorit saya jatuh ke Beef Shawarma. Tekstur sapinya tidak terlalu empuk tapi masih mudah dimakan dan rasa serta bumbu pada sapinya lebih enak.

Beef Curry With Puttu

Selain Shawarma, ada juga menu menarik Puttu Asin dengan pilihan daging ayam atau sapi, yaitu kari ayam/sapi yang disajikan dengan telur dadar dan puttu. Karinya lumayan enak tapi bikin saya yang ngga suka cabe sedikit panik karena kepedesan.

Seperti pada Shawarma, yang sapi, dagingnya enak dan tidak alot. Tapi yang daging ayam sungguh empuk banget dan berpadu baik dengan kari nya. Dua-duanya lezat~

Lalu tadinya saya kira yang di tengah itu nasi dengan parutan kelapa, tapi ternyata benar-benar puttu seperti kue putu tapi dengan warna putih dan rasa yang hambar netral. Saya baru tahu kalau putu itu asalnya dari India/TimurTengah dan makannya bisa disajikan untuk kari.

Chicken Curry with Rice

Kalau mau yang lebih normal, ada juga pilihan menu kari yang pakai nasi biasa. Meskipun yang puttu menarik tapi saua masih lebih suka makan kari dagingnya dengan nasi biasa.

Nasi Briyani

Nasi Briyani adalah salah satu makanan di Koko Popo yang saya doyan banget karena gurih bumbu kuningnya yang sungguh nikmat, tapi buat saya yang anti cabe makan ini lumayan perjuangan karena rasa pedasnya cukup kencang buat lidah saya yang peka.

Tipe beras yang digunakan sepertinya agak panjang. Yang saya pesan entah kenapa bumbunya tidak rata dan masih ada yang putihnya, tapi nasi putih yang ngga kebagian bumbu itu lumayan menolong biar ngga semuanya pedas. Di tengah nasi ada beberapa potong ayam yang dibumbui dengan baik dan teksturnya juga sangat lembut dan empuk. Seandainya tidak pedas, Nasi Briyani adalah makanan favorit saya di Koko Popo.

Strawberry Lessi

Pilihan minuman di Koko Popo juga banyak yang menarik. Salah satu favorit saya adalah Strawberry Lessi alias Yogurt strawberry dengan tekstur ala smoothie. Rasa manisnya pas dan gurih yogurtnya juga enak.

Koko Lemonade

Minuman lain yang layak dicoba adalah Koko Lemonade dan Mojito (Black Mojito kalau pakai pepsi). Koko Lemonade menggunakan campuran air kelapa, air lemon, dan selasih. Rasanya menarik, ringan, enak, dan sangat segar.

Black Mojito

Mojito nya juga membuat minuman sodanya jadi lebih segar dan asik karena dipadu dengan lemon/limau dan daun mint. Saya ngga terlalu suka soda tapi Mojitonya enak~ dan sepertinya sodanya agak diencerkan dengan air lemon sehingga rasa sodanya tidak terlalu mengganggu.

Hind Tea

Hind Tea konon teh khas dari India. Harum tehnya memang agak beda. Tapi kurang lebih mirip-mirip teh tarik atau teh susu. Sedikit kemanisan, tapi enak dan saya lumayan doyan.

Red Dragon Smoothie

Red Dragon Smoothie juga menggunakan susu kental manis. Warnanya sungguh menarik dan rasa susu kentalnya juga bikin happy.

Koko Coco

Ada juga Koko Coco, tadinya saya kira coklatnya dicampur air kelapa, tapi sepertinya ini minuman es coklat yang cukup normal. Rasa cokelatnya enak dan cukup nendang meski rasa susu kental manisnya juga lumayan kencang.

Meskipun banyak yang pedas, saya suka makanan-makanan di sini dan selalu senang dengan bertambahnya variasi makanan di sekitar Binus. Semoga Koko Popo bisa survive dan bertahan di ketatnya persaingan makanan area Binus. Saya masih mau menikmati shawarma di sini dan masih mau cobain Nasi Garlic nya.~

No comments:

Post a Comment