Saturday, February 10, 2018

Delightful bowl of Dashi Rice, Zenraku Dashi Chazuke - Grand Indonesia



Chazuke meskipun menu nasi tapi biasanya dimakan sebagai light meal dan kalau di restoran Jepang lain porsinya kecil. Tradisionalnya sebenarnya makanan ini adalah nasi yang dicampur teh dan mungkin sedikit kaldu nasi dan beberapa potong lauk. Biasanya rasanya ringan dan agak hambar. Makanya setelah mendengar Zenraku Dashi Chazuke menyajikan ini sebagai main dish seporsi kenyang saya pun jadi penasaran ingin mencoba dan memutuskan mampir ke Grand Indonesia. Sekalian sudah lama ngga lihat-lihat di sana ada apa saja.

Menu yang disajikan hanya Chazuke dan beberapa appetizer. Tadinya saya tertarik dengan sampler nya. Tapi karena ingin cobain somen juga akhirnya kami pesan Unagi Dashi Chazuke, Beef Somen Dashi Chazuke, serta Red Snapper Dashi Chazuke dengan extra Aburi Salmon dan Tarako. Side Dish nya kami pesan korokke.


Kalau tidak dikasih kuah, hidangannya jadi mengingatkan saya dengan Poke Bowl, tapi versi kurang asiknya karena nasinya biasa saja dan sedikit kering. Tapi setelah dituang dengan kuah dashi barulah magicnya muncul.

Kuah dashi nya kita dikasih setermos untuk setiap set menu. Rasanya lezat dan kehangatannya juga bikin hidangannya menyenangkan untuk dimakan. Meskipun sebagai hidangan Chazuke saya masih lebih suka Chazuke di Sushi Masa, tapi harus diakui ini kuah dashi tergurih yang pernah saya cicipi. Rasa kuahnya memberikan citarasa yang sangat baik ke nasi maupun daging dan bahan lain diatasnya.
 
Condiment setnya ada acar ketimun, kinpira, dan wasabi. Selain wasabi sisanya saya makan sebagai appetizer terpisah. Tapi mungkin enak juga kalau dicampur dengan nasi dan kuah dashi?

Unagi Dashi Chazuke

Unagi Dashi Chazuke

Unagi Dashi Chazuke dihidangkan dengan edamame, telur dadar suwir, dan daun bawang. Kualitas daging unagi nya biasa saja, tapi rasanya yang sedikit manis berpadu baik dengan kuahnya sehingga menyenangkan untuk dimakan. Porsi jumlah unaginya juga cukup oke.

Beef Somen Dashi Chazuke

Beef Somen Dashi Chazuke

Untuk Beef Somen Dashi Chazuke, menu ini sebaiknya dimakan cepat soalnya somennya gampang melar. Mie somennya kecil, halus, dan sangat empuk. Porsinya juga cukup banyak. Kalau melar dan terlalu empuk jadinya kurang enak. Mie somen ini alternatif yang menarik kalau sedang bosan dengan yang nasi. Daging sukiyaki beef nya juga sangat enak, lebih lezat dari daging sapi di gyudon chain restaurant. Rasa dagingnya gurih dan sedikit manis. Potongannya tipis dan teksturnya empuk.

Red Snapper Dashi Chazuke

Favorit saya tapi jatuh pada Red Snapper Dashi Chazuke. Sashimi ikannya dimarinate dengan saus goma tare sehingga rasanya jadi enak banget, manis dan sedikit asam. Dihidangkan dengan nori, daun mitsuba, dan irisan daun bawang. Sewaktu dituang kuah pun sangat cocok dan lezat.

Extra Aburi Salmon & Tarako

Karena saya penasaran saya juga memesan ekstra Aburi Salmon dan Tarako. Harga ekstranya tapi lumayan menggigit, lebih worth it pesan semangkok langsung. Tapi apa daya kapasitas perut membatasi. Saya gabungkan Aburi Salmon dan Tarakonya ke Red Snapper Dashi Chazuke Bowl.

Now I call this... The Ultimate Fish Dashi Chazuke~

Rasa Tarako nya cukup kuat dan memberikan variasi yang menarik ke keseluruhan hidangan. Tarako adalah bahan yang paling mudah diaduk dengan nasi dan kuah. Warna kuah dashi nya menjadi sedikit pink dan gurihnya juga lebih intense. Rasanya cenderung asin sehingga memberikan variasi yang berbeda dibanding pilihan yang lain. Tapi mungkin tidak semua orang bakal suka dengan tekstur telur ikannya. Kapan-kapan sepertinya saya mau cobain Tarako Dashi Chazuke nya sendiri.

Aburi Salmon sayangnya menjadi varian yang paling lemah diantara semua yang sudah saya coba. Tidak ada citarasa yang mencolok dari pilihan ikan yang satu ini dan dimakan bersama kuah pun terasa biasa saja. Potongan salmonnya sangat tipis supaya bisa sedikit matang waktu dituang kuah, tapi jumlahnya cukup banyak.


Side Dish Korokke ini digoreng dengan sangat baik. Permukaannya sangat garing dan renyah, asik waktu digigit. Sedangkan kentang di bagian dalamnya sangat lembut. Saus tonkatsu yang dituang di atasnya enak. Tapi overall rasa korokke nya termasuk standard.

Habis makan di sini perut terasa hangat dan bahagia. Menu ini cocok banget buat musim hujan atau kalau cuaca sedang dingin. Satu porsi harganya hampir semuanya Rp68.000 belum termasuk pajak. Harga extra lauknya rada mahal, tapi untungnya harga side dish dan minuman masih termasuk wajar dan tidak berat.


Zenraku Dashi Chazuke Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

No comments:

Post a Comment