Sunday, October 16, 2016

Marugame Udon VS Sanuki Seimen Mugimaru

Agak susah untuk ngga ngebandingin Marugame Udon dan Sanuki Seimen Mugimaru. Tipe pelayanannya sama, menunya kurang lebih mirip, dan sekarang mereka sama-sama buka di Central Park - Neo Soho. Cuma ya Marugame sudah duluan ada sehingga lebih dikenal. Jadi saya kali ini saya mencoba membuat perbandingan untuk keduanya.

So far menu yang pernah saya coba di Sanuki Seimen Mugimaru adalah Gyu-Niku Bukake Udon, Gyu Curry Udon, dan Wakame Udon. Sementara di Marugame yang pernah saya beli adalah Niku Udon, Kitsune Udon, dan Tori Paitan Soup.

Saya tidak pernah mencoba kamaage atau zaru udon karena untuk 2 itu saya lebih suka dengan soba daripada udon.

Sanuki Seimen Mugimaru : Wakame Udon, ebi tenpura, onion tenpura, pumpkin tenpura 

Marugame Udon : Kitsune Udon, Tori Paitan Soup, Ebi Tenpura, Inarizushi


Kuah

Kitsune Udon, Niku Udon, dan Wakame Udon menggunakan kuah dashi dan mirip-mirip karena memang klasik Udon kira-kira seperti itu. Untuk kuah dashi, saya lebih suka milik Marugame karena ada sedikit rasa manis. Sanuki Seimen Mugimaru dashi nya cenderung lebih gurih dan asin.

Di Marugame juga tersedia Tori Paitan Udon. Karena penasaran saya beli tori paitan soup untuk sekalian mencicipi. Kuah Tori paitan ini gurih dan rich banget. Kayak ayam yang direbus bersama tulang-tulangnya entah dalam berapa lama. Untuk yang suka rasa yang lebih pekat dan gurih mungkin akan suka dengan tori paitan udon. Tapi saya pribadi lebih suka dengan kuah yang lebih ringan kalau untuk udon supaya ngga overpower.

Dengan alasan yang sama, saya juga jarang memesan curry udon, Tapi di Sanuki karena adik saya maunya itu jadi saya pun mencicipi. Kuah Curry Udon Sanuki Seimen Mugimaru tidak terlalu kental dan pekat seperti curry rice supaya lebih nyambung dengan udon. Tapi tetap terlalu gurih dan berat untuk selera saya. 

Meskipun saya lebih suka dashi Marugame, tapi favorit saya masih Gyu Niku Bukkake Udon kalau untuk kuah. Meski waktu beli saya dikasih kuahnya agak pelit (mungkin karena baru awal-awal buka sehingga stok kuahnya dihemat) tapi rasa kuahnya pas antara manis, gurih dan rich namun tetap tetap jernih dan bersih di lidah.


Porsi

Kurang lebih sama. Tapi Marugame kuahnya lebih banyak.


Variasi

Variasi menu udon di Sanuki Seimen Mugimaru lebih menarik untuk saya. Saya masih penasaran dengan beberapa menu lain di restoran ini dan mungkin masih akan datang beberapa kali lagi ke sana karena kepo.

Marugame variasi menu udonnya lebih sedikit dan tidak banyak yang membuat saya penasaran.


Tempura & Side Dish

Variasi tempura dan side dish di Marugame lebih banyak daripada Sanuki Seimen Mugimaru. Di Marugame tersedia pilihan beberapa soup dan bakso, assorted tempura, kroket, dan inari sushi. 

Yang saya suka dari Marugame adalah karena di sana ada inari sushi dan egg tempura yang isinya masih agak setengah matang. Ebi Tempuranya juga lebih besar daripada di Sanuki Seimen Mugimaru, tapi harganya juga lebih mahal.

Sementara di Sanuki Seimen Mugimaru saya juga suka karena tersedia tempura labu dan bawang bombay, ini yang saya ngga ketemu di Marugame.


Condiment

Mirip-mirip. Ada wijen, cabe, daun bawang, kremesan tempura, sambal, saus teriyaki, dan kecap asin. Hanya saja di Marugame tersedia jahe ulek (yah mungkin bikinnya diblender sih, bukan diulek), dan itu nambah citarasa kuah udonnya. :) 


Harga 

Untuk 1 porsi udon dengan kuah dashi standard dan topping yang bukan daging, plus 3 side dish dan ocha yang bisa refill, di Sanuki Seimen Mugimaru saya menghabiskan Rp78.000,- sementara di Marugame saya menghabiskan Rp86.000,-

Jadi Sanuki Seimen Mugimaru lebih murah meski bedanya memang ngga sampai Rp10.000,-  ^^;


Saya sendiri masih suka 2-2nya. Jadi pada akhirnya tergantung mood lagi ingin yang mana kalau mendadak ingin makan udon. :d 

Kalau ada pendapat lebih suka restoran atau menu udon yang mana, atau siapa tahu ada tempat udon/soba lain yang layak dicoba, monggo dikomen. Sebenarnya saya ingin cari-cari restoran soba yang stylenya mirip-mirip Marugame atau Sanuki Seimen Mugimaru. Dulu pernah ada Sakura Soba di Ciputra World Lottle Shopping Avenue, sayangnya sekarang sudah tutup.

Sanukiseimen Mugimaru Menu, Reviews, Photos, Location and Info - ZomatoMugimaru

Marugame Udon Menu, Reviews, Photos, Location and Info - ZomatoMarugame


No comments:

Post a Comment