Tuesday, August 15, 2017

Xiao Long Bao session at Din Tai Fung Chef's Table

Din Tai Fung

Pada suatu hari di suatu weekend, entah kesambet apa saya mendadak kepingin Xiao Long Bao. Lalu kepikiran sudah lama banget saya tidak makan Xiao Long Bao di Din Tai Fung dan saya pun ngacir ke Din Tai Fung Chef's Table di Taman Anggrek. Sekilas saya kira tempatnya kecil, tapi setelah masuk ternyata area makannya luas juga. Malah ada beberapa ruang untuk tamu yang mau privat.

Kualitas pelayanan di Din Tai Fung sebenarnya baik dan cukup berkelas, tapi saya appreciate kalau ada basa-basi seperti memberitahukan nama makanan ketika menghidangkan di atas meja makan. Kesannya dingin soalnya kalau sekedar taro lalu langsung pergi. ^^;

Tableware and some sauces

Karena sedang ngidam Xiao Long Bao, semua menu yang saya pesan hanya Xiao Long Bao dan Steamed Bun (bakpao). Setelah sekian lama tidak makan di Din Tai Fung, saya baru ngeh mereka menyajikan Xiao Long Bao Gem Mix, 7 warna yang cerah meriah dengan isian yang sepertinya menarik. Menu ini hanya tersedia pas weekend.

Xiao Long Pao Gem Mix

Merah berisi tomat bolognaise yang saya tidak sangka ternyata enak juga disajikan sebagai Xiao Long Bao. Pink berisi seafood, tapi rasanya kurang berkesan di lidah saya. Begitu pula dengan warna orange yang berisi jagung. Jagungnya berasa sih, tapi hanya jagung. Kalau misalnya ternyata ada daging atau kaldu lain, saya kurang berasa.

Kuning tapi yang paling aneh. Rasa keju itu buat saya sungguh ngga banget untuk dijadikan Xiao Long Bao. Hitam isi barbeque juga rasanya kurang cocok, sekilas kurang lebih seperti daging kecap. Tapi masih mendingan lah dibanding keju.

Favorit saya jatuh pada warna hijau berisi sayuran dan ungu isi bawang putih. Yang warna hijau tekstur sayurnya krenyes waktu digigit dan kaldu Xiao Long Bao nya jadi terasa manis dan menyenangkan. Sedangkan yang ungu rasanya klasik, simple tapi ngena. Bawang putihnya berpadu baik dengan daging dan kaldu di dalamnya.

Xiao Long Bao Pork

Meskipun Xiao Long Bao 7 warna menarik dan bikin penasaran, yang the best tetap Xiao Long Bao Babi. Daging dan kuah di dalamnya sungguh lezat, gurih dan membahagiakan. Rasa maupun tekstur dagingnya benar-benar terasa, dan kuahnya juga lebih banyak dibanding varian gem. Kualitas kulit Xiao Long Bao di Din Tai Fung juga sangat baik. Bersih, mulus, dan cukup firm.

Xiao Long Bao Pork & Crab

Xiao Long Bao Babi Kepiting juga enak dan sama mulusnya. Tapi menurut saya lebih baik pesan yang Xiao Long Bao Babi saja. Memang berasa beda sih, sedikit lebih asin. Ada tambahan rasa dan aroma seafood untuk yang ini. Tapi secara kualitas rasa menurut saya tidak terlalu jauh bedanya, sementara secara harga lumayan kerasa beda antara yang pakai dan tidak pakai kepiting. Jadi menurut saya kurang worth it aja.


Setelah puas dengan Xiao Long Bao, selanjutnya giliran Bak Pao sebagai penutup. Ada 3 varian Bao yang tersedia di Din Tai Fung. Bao Babi, Bao Babi Sayur, dan Bao Jamur Sayur. Ketiganya enak~ Rotinya bersih mulus dan empuk, dengan rasa yang sesuai untuk menampung isian dalamnya.

3 kind of Bao

Bao babinya enak banget dengan rasa yang cenderung gurih manis. Tapi favorit saya jatuh pada Bao Babi dan Sayuran. Meski isiannya cenderung gurih asin, tapi saya lebih suka tekstur isian Bao yang ini. Rasa rotinya juga lebih cocok berpadu dengan yang isi babi dengan sayuran. Terakhir Bao Jamur Sayur dengan rasa isian dan tekstur yang paling ringan diantara ketiganya. Kalah sih sama 2 sebelumnya, tapi tetap enak. :d

Overall saya masih lebih suka Paradise Dinasty karena kadar kuah di Xiao Long Pao maupun Bak Pao nya lebih terasa, dan sepertinya masih belum ada yang bisa ngalahin kualitas Xiao Long Pao 8 warna maupun variasi Pao lainnya. Tapi kualitas original Xiao Long Pao di Din Tai Fung juga sangat oke dan bikin lidah maupun hati bahagia. They still give me a really nice Xiao Long Pao experience.

I'm always weak against cute mascot...


Din Tai Fung Chef's Table
021 5639901
Mall Taman Anggrek, Lantai 3, Jl. Tanjung Duren Timur 2, Tanjung Duren, Jakarta

Din Tai Fung - Chef's Table Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

No comments:

Post a Comment