Saturday, August 25, 2018

Salmon Cuisines at Ootoya


Sebagai restoran Jepang dengan style makanan rumahan, Ootoya memiliki variasi menu yang cukup luas dari chirasi don sampai gyutan, tapi menu-menu ikan mereka yang paling variatif dan juga paling mahal. Setelah beberapa kali nyicip, menu ikan bakar favorit saya di Ootoya adalah menu-menu salmonnya, terutama karena citarasa gurih dari salmon paling khas dan cocok di lidah saya dibanding jenis ikan lainnya.

Di Ootoya tingkat kematangan salmon yang saya dapatkan juga selalu pas. Matang sempurna tapi masih empuk lembut dan tidak kering dan kasar. Porsinya juga memuaskan. Bumbunya ada yang dengan Shio-Kouji, Zukeyaki, dan terakhir yang terbaru adalah Misoyaki Salmon.


Shio-Koji Salmon

Shio-Koji Salmon cocok bagi mereka yang tidak mengharapkan rasa bumbu yang aneh-aneh dan ingin menikmati citarasa asli dari salmonnya secara sederhana. Rasa gurih ikannya basic tapi efektif.

Shio-koji adalah semacam garam fermentasi khas Jepang yang biasanya digunakan sebagai bumbu rendaman pada daging dan terkenal karena membuat daging lebih empuk dan lembut serta mampu mengeluarkan citarasa daging dengan lebih maksimal.

Zukeyaki Salmon

Bagi yang menyukai rasa bumbu yang kuat mungkin akan lebih suka Zukeyaki Salmon. Tapi buat saya sendiri rasa bumbunya terlalu pekat dan menutupi rasa salmonnya. Aromanya kuat dan menggugah selera dan membuat saya berekspektasi kalau rasa bumbunya manis. Tapi ternyata cenderung asin dan lumayan bikin saya kaget.

Miso Salmon

Menu baru Miso Salmon pada akhirnya yang menjadi favorit saya. Aromanya tidak sekuat Zukeyaki, tapi rasa bumbunya manis lembut, tidak bikin lidah capek atau bingung, dan gurih ikan salmonnya juga masih terasa. Semoga menu yang terakhir ini dapat menjadi menu permanen di Ootoya.

Salmon Sashimi

Di Ootoya juga ada menu salmon dalam bentuk lain seperti sushi dan sashimi. Roll sushi dan Hako Sushi nya oke sih, sashiminya not bad tapi tidak terlalu spesial. Begitu pula dengan Chirashi Don, enak tapi belum sampai bikin saya ketagihan.

Chirashi Don

No comments:

Post a Comment