Friday, October 27, 2017

3 Bakmi favorit di Jalan Mangga 2 - Greenville

Ada 3 bakmi Greenville yang minggu kemarin bikin saya lumayan ngidam. Bakmi Alok, Bakmi Aloi, dan Bakmi Kohon. Konon 3 itu cukup legendaris di Gang Jalan Mangga dan saya penasaran karena setiap bakmi memiliki ciri khas nya masing-masing. Karena mau mampir pun sedang repot dan lagi tanggal tua juga, saya pesan semuanya pakai Go Food dengan menggunakan voucher makan potongan Rp50.000,-


1 porsi Bakmi Spesial Aloi

Bakmi Aloi Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Yang pertama kali saya cicipi adalah Bakmi Aloi. Tempat ini sebenarnya variasi topping lauknya lumayan banyak. Bisa pilih mau ayam, babi, chasiu, ada juga jamur atau rica-rica. Saya pesan yang paling banyak variasi yang bisa saya cicipi, yaitu Bakmi Special.

Menu Bakmi Specialnya berisi mie berwarna kuning cerah dengan 3 jenis danging yaitu ayam suwir, babi suwir, dan babi chasiu. Chasiunya sedikit alot, tapi overall tekstur dagingnya cukup oke dan bumbunya juga enak banget. Di antara 3 jenis daging, favorit saya yang babi giling. Mungkin kapan-kapan pesan mie babi nya saja.

Tekstur mie nya Aloi bisa dibilang favorit saya, lurus rapih, firm tapi kenyal. Rasa mie dan bumbunya sungguh aduhai dan bikin makan siang saya membahagiakan. Porsi mie nya juga lumayan banyak. Saya pesan 1 porsi, tapi tersedia juga yang setengah atau satu setengah porsi.


1/2 porsi Bakmi Ayam Alok

Bakmi Ayam Alok Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Hari selanjutnya saya mencoba Bakmi Ayam Alok. Kedai ini khas menjual bakmi yang disajikan dengan ayam kampung. Bakmi ayam spesial bedanya cuma porsi ayam nya lebih banyak 2x daripada yang biasa. Yang di foto itu adalah bakmi ayam biasa yang setengah porsi. Seperti Aloi, di Alok ada pilihan mau setengah, satu, atau satu setengah.

Awalnya tampilannya kurang membuat saya tertarik. Tampilan mie nya cenderung kasar dan tidak rapih, begitupula dengan potongan ayamnya. Tapi begitu dicicipi saya pun langsung paham kenapa Bakmi Alok ini juga populer. Rasa ayam kampung nya nendang banget dan ngga main-main, berasa banget bedanya sama bakmi ayam biasa. Sederhana dan simple, tapi efektif banget, seharian setelah makan masih terngiang-ngiang citarasa ayam kampung di mulut saya.

Tekstur mie nya firm, tebal, dan kasar. Saya lebih suka mie nya Aloi, tapi tekstur firm dan kasar pada Bakmi Alok juga cukup menarik dan rasanya pun enak banget. Kuah kaldunya ngga kalah spesial karena dari baunya saja sudah tercium wangi khas ayam kampung. Rasa kuahnya juga enak dan mereka ngga pelit kasih porsi kuah untuk saya nikmati meskipun pesennya delivery. Lain kali sepertinya saya mau beli bihun atau kwetiau yang pakai pangsit~


Yamien Special Bakmi Kohon Toboali porsi reguler

Bakmi Ko Hon Toboali Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato 

Yang terakhir saya cicipi adalah Bakmi Ko Hon Toboali. Tempat ini spesialis Bakmi khas Bangka. Yamien Spesial menjadi menu rekomendasi para penggemarnya. Pilihan porsinya ada yang reguler dan ada yang jumbo. Saya bukan penggemar bakso ikan dan otak-otak, tapi biar ngga penasaran saya pun memesan yang Yamien Spesial.

Yang khas dari Bakmi Ko Hon adalah kadar bawangnya yang aduhai, kuah kaldu yang dimasak dengan bawang putih dan tauco, serta keberadaan toge pada bakmi nya. Otak-otak, pangsit, dan bakso ikannya enak tapi belum sampai istimewa. Tekstur daging babi giling di mungkin favorit saya karena kecil-kecil tapi sudah tidak ada tulang yang mengganggu dan berpadu asik ketika dimakan bersama mie.

Mie nya lurus dan rapih dengan diameter yang lebih kecil daripada Mie Aloi. Mirip sama mie yang ada pada ramen. Teksturnya halus dan lembut, kurang firm dan kenyal untuk saya. Secara overall rasa mungkin Ko Hon juga tidak memberikan impresi sekuat Alok atau Aloi. Lain kali sepertinya saya pesan yamien biasa saja. Atau mungkin cobain bihun.


Kalau ada rekomendasi bakmi lain yang juga enak di Jakarta, jangan malu-malu untuk kasih tahu saya yaa~ :d

No comments:

Post a Comment