Sunday, June 18, 2017

Sushi Masa - the best sushi at North Jakarta

Sushi Masa

Sebenarnya ini pengalaman makan beberapa tahun yang lalu yang baru sempat saya tuliskan sekarang. Saya dengar menu-menu nya sudah banuak yang baru dan terakhir adik saya ke sana bahkan ada menu pizza.

Sushi Masa merupakan salah satu destinasi para pecinta sushi di Jakarta. Buat kami yang anak selatan, menuju Penjaringan yang di ujung utara Jakarta dengan mengendarai sepeda motor bisa dibilang jadi petualangan tersendiri. Tapi review teman serta desas-desus enaknya sushi di sana berhasil bikin kami bela-belain ke Sushi Masa.

Karena jauh, mau ngga mau kita cuma bisa datang ke sana pas hari Sabtu atau Minggu, jadi sewaktu sampai di sana tempatnya sungguh ramai dan kita perlu menunggu sebentar sampai meja tersedia. Dapatnya meja berwarna hijau sehingga kurang fotogenik.

Saya termasuk agak lama karena pilihan sushinya sungguh beragam. Saya ingin cobain semuanya tapi apa daya, perut dan dompet saya cuma ada satu. Akhirnya saya pesan 4 jenis inari, salmon, salmon belly, kohada, maguro, dan toro. Saya sebenarnya agak ragu pesan toro, takut nyesek kalau ternyata biasa aja padahal mahal. Tapi karena Sushi Masa terkenal dengan ikan-ikannya yang fresh, sekalian saja lah.

Salmon Sushi & 4 kinds of Inari

Sebenarnya mungkin harusnya saya pesan sushi ikan lainnya saja, tapi inari warna-warni ini bikin saya penasaran. 4 jenis inari nya terdiri dari rasa original, apple, ume, dan greentea. Semuanya enak banget, rasanya cenderung asam. Tapi favorit saya yang ume dan original. Adik saya kurang suka dengan rasa asamnya, tapi ini inari paling enak yang pernah saya makan. Dari Inari nya langsung terasa kualitas nasi sushinya yang diolah dengan baik.

Salmon Nigirinya enak banget. Potongan ikan dan nasi nya pas dan rasa salmonnya sungguh keluar. Tapi salmon belly nya lebih enak lagi, gurih lemak dan teksturnya yang lebih legit sungguh bikin mulut bahagia.

Salmon, Salmon Belly, Kohada, Maguro, Toro

Kohada nigiri nya lezat dan tebal. Rasanya asin, gurih, dan legit. Maguro sangat fresh banget dengan warnanya yang merah cerah. Nikmat banget waktu masuk mulut.

But the Toro... is the bomb! Saya jadi paham kenapa orang Jepang amat sangat menghargai Toro Tuna, dan sepertinya Toro atau Chu toro yang sebelum ini saya makan kualitasnya agak di bawah. Toro di Sushi Masa enaknya bikin saya bersyukur saya diijinkan hidup di dunia. Teksturnya paling legit diantara semua sushi yang pernah saya makan. Dan gurih lemaknya menyebar di mulut dan langsung nendang ke otak. I can't forget how happy I was that time.

Meski termasuk pecinta kuliner Jepang, adik saya tidak suka sushi dan ikan mentah. Jadi dia memesan beberapa menu non-sushi yang dia anggap menarik. Tadinya saya tidak punya banyak ekspektasi dengan menu selain sushi di Sushi Masa, ngga kalah nikmatnya.

Salmon Chazuke & Gyoza

Sake Chazuke surprisingly really good. Meski makanan ini kurang lebih hanya nasi dengan kuah dan salmon suwir yang ringan, rasa Salmon Chazuke di Sushi Masa ini termasuk gurih meski dengan kuah yang jernih. Salmon dan nasi nya juga enak banget dan nori di atasnya menambah kenikmatan hidangan ini. Gyoza nya juga termasuk besar dan enak. Meski saya masih lebih suka Kuotie Santung ala Chinese Food, tapi Gyoza di Sushi Masa boleh buat dicoba.

Aji Furai & Tender Smoked Duck Breast

Aji Furai dan Tender Smoked Duck Breast juga termasuk makanan yang mindblowing buat saya. Saya baru tahu mackarel dimasak ala katsu bisa seenak ini rasanya. Garing tapi empuk dan enak dikunyah. Rasanya cenderung gurih asih dan nikmat banget. Tender Smoked Duck Breast saya pikir bakal biasa aja karena pengalaman saya bebek cenderung alot kenyal. Tapi ini sungguh luar biasa enaknya. Ngga nyesel pesennya, dan sedih karena cuma dapet 3 potong. Ini masakan bebek terenak yang pernah saya makan.

Hokkaido Mini Mochi
Seingat saya dulu mini mochi yang kita pesan rasa strawberry. Tekstur dan rasanya sungguh enak. Lembut, kenyal, dan manisnya pas. Oh iya, sebelum pulang jangan lupa di lantai dasar toko seafood ada dijual Hokkaido Milk Ice Cream. Itu wajib banget buat dicobain setelah jauh-jauh ke Penjaringan.

Makan di Sushi Masa memang termasuk mahal dan ngga mungkin sering-sering datang ke sana juga. Karena keterbatasan budget, saya juga belum tahu bagaimana rasanya kalau makan sushi yang harganya bisa berjuta-juta. Jadi sejauh ini Sushi Masa adalah sushi dan tempat makan Jepang terenak yang pernah saya makan di Jakarta Utara. Mungkin terenak se Jakarta. Tapi saya belum bisa memutuskan karena saya masih agak menahan diri ketika memesan makanan di Sushi Masa, jadi nyobainnya belum maksimal.

Title tempat makan sushi favorit saya masih jatuh ke Sushi Kawana di Little Tokyo, Jakarta Selatan. Tapi ini untuk blogpost selanjutnya saja. :)

Sushi Masa Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato  
Sushi Masa
021 29263561
0815 10020955
Jl. Tuna Raya No. 5, Penjaringan, Penjaringan, Jakarta

No comments:

Post a Comment