Monday, June 5, 2017

Premium Tonkatsu at Katsutoku - Plaza Senayan

Katsutoku Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Sebenarnya awalnya saya mau makan Marutama Ramen. Tapi setelah nyampe ternyata Marutama Ramen nya tutup karena sedang renovasi. Setelah nangis dalam hati karena masih belum berkesempatan mencicipi Marutama Ramen dan entah kapan mereka buka lagi (atau malah tutup permanen?) akhirnya saya ngeluyur ke Katsutoku di seberangnya. Perubahan dadakan ini sungguh menambah budget pengeluaran...


Katsutoku (dulu dikenal dengan nama Katsusei, sepertinya ganti nama) termasuk restoran Jepang mahal di Plaza Senayan dengan spesialisasi tonkatsu. Posisinya ada di gedung Sentarl Senayan I. Kalau dari Plaza Senayan, turun dan masuk ke dalam Foodhall, di belakang (yang ada restoran) ada akses ke Gedung Sentral Senayan.

Selain babi, Katsutoku juga menghidangkan ayam serta udang dalam bentuk masakan katsu. Saya pesan Tenderloin Pork Katsu Set. Total dengan minum teh biaya makannya menjadi Rp225ribu an.


Jujur aja saya ngga terlalu ngerti cara makan tonkatsu yang baik dan benar, jadi saya makan sesuka saya saja. The dishes looks great. Potongan dagingnya tebal dibalur tepung katsu yang coklat keemasan. Tonkatsu dihidangkan dengan kol, nasi Jepang pulen, saus tonkatsu, saus goma, wijen, wasabi, dan jeruk lemon. Untuk sup nya saya minta Tonjiru, sup kaldu babi.

Sewaktu digigit, tonkatsunya sangat crunchy crispy di bagian tepung, tapi empuk di dagingnya. Kualitas masakannya oke punya dan tekstur katsunya sungguh istimewa. Saus goma dan saus tonkatsunya sudah pasti wajib buat cocolan. Kalau ditambah lemon atau wasabi, citarasanya jadi beda lagi.

Untuk rasa dagingnya sendiri menurut saya agak hambar. Rasanya bakal lebih sempurna kalau citarasa babinya lebih noticeable di lidah. Tapi sejauh ini mungkin Katsutoku termasuk restoran dengan tekstur katsu terbaik yang pernah saya makan di Jakarta.


No comments:

Post a Comment