Sunday, June 18, 2017

Sushi Kawana - my best favourite sushi place at South Jakarta


Meski ratingnya ngga tinggi-tinggi amat di Zomato, Sushi Kawana sejauh ini adalah tempat makan sushi yang paling favorit buat saya. Lokasinya ada di Little Tokyo Blok M, Melawai, Jakarta Selatan. Beberapa kali saya lewat saya selalu mencium wangi daging ikan khas tempat sushi.

Setiap event Ennichisai, paman pemilik Sushi Kawana selalu buka stand sushi di depan toko nya, dan waktu itulah pertama kali saya nyobain Sushi Kawana. Meski hanya stand di pinggiran jalan untuk acara event, sushi nya sangat enak. Tekstur dan rasa nasi sushi nya enak banget, potongan ikan atau topping lain di atasnya juga di treat dengan sangat baik.

Sushi Kawana

Sudah lumayan lama saya kepengen makan sushi dengan puas di Kawana, akhirnya setelah menabung saya pun mengajak adik untuk makan bareng di sana. Pilihan kursi di Sushi Kawana ada yang counter sushi dan ada yang bilik tertutup. Saya pun lebih memilih di counter supaya bisa lihat langsung chef nya menyajikan makanan.

appetizer

Setelah membaca-baca menu dan memesan makanan, appetizer pembuka disajikan. Saya kurang tahu ini makanan apa, tapi rasanya seperti daikon oden, kulit tahu, dan wortel yang dimasak dengan kuah manis dan disajikan dingin.

Tamagoyaki

Tamagoyaki Sushi Kawana berbeda dengan restoran Jepang pada umumnya. Telurnya dimasak menjadi lembaran tipis lalu dibuat menjadi semacam roll egg. Penampilannya mengkilap tanpa ada sedikitpun bagian yang terlihat gosong. Rasanya manis enak dengan tekstur roll yang unik sewaktu digigit. Teksturnya mengingatkan saya pada thousand layer cake, tapi tanpa krim.

Maguro

Setelah Tamagoyaki, sushi pun keluar satu persatu. Dimulai dari maguro yang merah mengkilap. Baru pertama kali di Jakarta saya ketemu maguro yang se mengkilap ini. Dan rasanya juga enak banget. The best akami maguro I've ever had in Jakarta.

Hirame, Shimaaji, Kohada

Yang keluar setelah maguro adalah trio ikan putih. Hirame, Shima Aji, dan Kohada. Hirame nya cenderung ringan gurih, tidak terlalu berlemak. Shima Aji lebih gurih berlemak dan penampilannya yang putih berlayer merah dengan sedikit kilau kulitnya entah kenapa bikin hati senang. Kohada nya asin gurih dan legit. Secara rasa, diantara 3 mungkin saya paling suka shima aji, tapi secara tekstur saya lebih suka kohada.

Salmon & Saba

Salmon sudah ngga perlu ditanya, my favorite sushi yang selalu wajib saya pesan setiap ke restoran sushi. Dan di Sushi Kawana, gurih salmonnya berasa banget. Sushi Salmon Kawana yang saya beli sewaktu Ennichisai yang bikin saya selalu kepingin makan di sini.

Saba yang pernah saya makan selalu identik dengan rasa asin asam dan gurih. Tapi di sini saba nya tidak terlalu asam, lebih kuat di rasa asin dan tekstur ikannya yang khas. Meskipun bukan yang paling favorit buat saya tapi entah kenapa rasa dan tekstur nya sangat berkesan di lidah.

Unagi & Anago

Sushi yang muncul paling akhir adalah yang paling enak diantara semuanya. Anago dan unagi. Saya pernah baca kalau Unajyu di Sushi Kawana itu luar biasa enaknya. Dan setelah mencicipi unaginya, emang ngga salah yang bilang kalau Unajyu di sini worth every penny.

Dagingnya tebal, manis sausnya pas, ngga ada tulang sama sekali. Teksturnya legit lembut. Saya rasa ini unagi dengan kualitas terbaik dan paling bikin bahagia yang pernah saya makan sejauh ini.

Begitu pula dengan Anago, bikin happy banget waktu masuk mulut. Tekstur unagi lebih solid tapi anago nya lembuuut banget. Ngga kelembekan dan masih terasa tekstur khasnya di lidah.

Salmon Chazuke

Makanan yang non-sushi keluarnya rada belakangan, mungkin karena masaknya lebih lama. Sake Chazuke di Sushi Kawana rasanya lebih bersih dan ringan daripada Sushi Masa. Tapi porsinya lebih besar dan nasinya disajikan dalam bentuk onigiri.

Agedashi Mochi & Gindara Misoyaki

Agedashi Mochi dipesan oleh adik saya karena kita tidak pernah ketemu menu mochi yang disajikan seperti itu. Mochinya yang kenyal memberikan sensasi tekstur yang unik. Rasa mochi nya enak, tapi kuah agedashi nya sungguh aduhai. Rich, manis, gurih, tapi ringan di mulut dan enak diminum langsung.

Gindara Misoyaki (saya agak lupa itu nama makanannya atau bukan) meskipun kecil porsinya tapi harga nya aduhai. Adik saya ngga aware dengan harganya sewaktu pesan. x'D Tapi rasanya memang enak banget. Tekstur ikannya matang sempurna tapi lembut banget dan bumbunya meresap.

Hamo Tempura

Hamo Tempura ini kami pesan karena di tembok ditulis sebagai spesial di musim semi. Ikan Hamo ini hitungannya masih bangsa belut. Kalau di google translate namanya Pike Conger. Sepertinya bukan ikan yang umum di Indonesia. Warna dagingnya putih bersih dengan tekstur yang sangat lembut. Kami memintanya dimasak jadi tempura supaya bisa dimakan adik saya. Rasanya cenderung ringan dan lembut di mulut. Mungkin mirip dori tapi dengan tekstur yang lebih solid.

Tempura di Sushi Kawana garing tapi lembut waktu digigit, disajikan dengan garam dan kuah tempura yang hangat.

Red Bean Ice Cream

Dessert Ice Cream Ogura disajikan pun sebagai penutup setelah kita sudah selesai makan. Efek bahagia setelah makan sushi yang enak berlangsung sampai beberapa hari. This is the best sushi experience I've ever had so far. ^^


Sushi Kawana Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato 


Sushi Kawana
021 7220291
021 7208842

Jl. Melawai 9 No. 18, Melawai, Jakarta

No comments:

Post a Comment