Tuesday, June 27, 2017

Awesome Chashu at Marutama Ramen - Plaza Senayan

Marutama Ramen

Marutama Ramen di Plaza Senayan termasuk yang sangat terkenal (setidaknya masuk 5 besar) di kalangan para pecinta Ramen di Jakarta. Padahal dulu ada beberapa cabang, tapi sekarang tinggal di Plaza Senayan saja adanya. Setiap jam makan sore apalagi kalau hari libur, tempat ini selalu ramai. Kadang sampai ngantri waiting list atau kehabisan beberapa menu.

Pertama kali saya ke sana saya sedang membawa orangtua saya dan mereka tidak mau antri terlalu lama sehingga kami makan di tempat lain. Kedua kali saya datang sendiri tau-tau Marutama nya sedang renovasi. T___T Tapi syukurlah sekarang sudah buka dan bisa saya nikmati. Tadinya saya cemas renovasinya bakal makan waktu lumayan lama.

Marutama Kitchen Bar

Menu di Marutama bisa pilih mau yang versi pakai babi atau tidak. Soup nya sendiri adalah tori paitan yang base nya dibuat dari kaldu ayam. Yang mengandung babi hanya model lauk-lauknya. Jadi selama pesan yang versi ayam harusnya aman bagi yang tidak makan babi.

Zenbu Ramen menjadi pilihan saya supaya bisa sekalian nyobain chasiu, kakuni, dan telurnya dalam 1 mangkok. Soupnya enak, rich n creamy. Tapi agak keasinan untuk selera saya dan saya lebih suka kalau ada sedikit hint rasa gurih manis pada soup nya. mie ramennya sih favorit saya banget. Tipe mie nya yang diameter kecil tapi firm dan solid, legit sewaktu digigit. Kematangan mie nya juga oke banget.

Zenbu Ramen

Telurnya juga dimasak dengan oke dan bumbunya lumayan meresap ke pinggirannya. Bagian putihnya solid tapi lembut empuk sementara kuningnya masih setengah matang dan bisa berbaur ke kuahnya. Tapi yang paling bikin lidah saya bahagia adalah chasiu dan kakuninya. Di Zenbu Ramen, chasiu nya dapat 3 slices sementara kakuninya 2 potong dengan porsi yang lumayan. (nga usah dipikirin itu kandungan lemaknya gimana)

Chasiu enaaaakkk pake banget. Lembut dan gurihnya nendang pol, kayak meleleh di mulut. Kakuninya juga luar biasa, lemaknya yang menyebar ketika masuk mulut sungguh bikin happy. Saya pernah nyoba kakuni yang lebih empuk, tapi mungkin ini chasiu dan kakuni terbaik yang bisa saya temukan di Jakarta sejauh ini. Kalau chasiu atau kakuni nya dimakan bersama mie ramen dan soup sekaligus itu rasanya sungguh mantap di mulut.

Marutama Signature Chicken Ramen
with extra egg & extra prok chasiu

Pada kunjungan kedua saya ada beli paket promo Rp99.000,- untuk Marutama Signature Ramen, ocha dingin, dan 1 jenis dessert. Kali ini saya pesan yang pakai ayam, Mau ayam atau babi, chasiunya wajib banget dicoba dan ngga ada salahnya pesan lagi ekstra chasiu. Chasiu ayam mungkin ngga senendang yang babi. Tapi rasanya tetap gurih dengan tekstur yang empuk lembut dan gampang melebur waktu masuk mulut.

Original Shirunashi Ramen

Kalau sedang bosan dengan ramen kuah atau lebih suka ramen ala bakmi biasa, Shirunasi Ramen bisa jadi pilihan yang oke. Karena ngga direndam di kuah, saya lebih bisa fokus menikmati rasa dan tekstur ramennya. Karena rasa saus atau bumbu  pada menu ini lumayan kuat, Shirunasi Ramen dihidangkan dengan kuah tori paitan yang lebih ringan sebagai pendamping.

Curry Rice

Curry Rice di Marutama juga enak banget. ^^ Meskipun adik saya komplen kalau nasinya bukan nasi Jepang, tapi buat saya masih oke dan pulen. Tekstur bumbu karinya agak kental dan rasanya nagih di lidah, bikin pingin makan terus dan terus. Wortel dan daging di dalamnya juga empuk gurih dengan bumbu yang meresap. Curry Rice dihidangkan dengan pendamping mini salad. Saus pada saladnya saya kurang yakin saus apa. Mungkin saus goma karena gurih manis, tapi ada rasa asamnya juga.

Shirunashi Curry Ramen

Bagi yang doyan Japanese Curry tapi pinginnya makan mie, maka pesan Shirunashi Curry Ramen udah ngga salah lagi. Gurihnya bumbu kari yang kental dan potongan daging yang empuk sungguh berpadu indah dengan tekstur mie ramen di Marutama. Meski ramen kuah masih terasa lebih klasik buat saya, tapi saya lebih suka curry ramen nya daripada yang Shirunasi Ramen biasa. Tapi memang belum tentu semua orang bisa suka dengan rasa dan tekstur bumbu kari.

Chicken Teriyaki Don

Lalu misalnya sedang ngga mood makan mie atau curry tapi kebetulan diajak ke Marutama (orangtua saya misalnya) masih ada Chasiu Don dan Teriyaki Don yang bisa pilih mau pakai daging babi atau ayam. Karena ayah saya tidak begitu suka mie model ramen maupun babi, maka beliau pesennya Chicken Teriyaki Don. Porsinya agak kecil dibanding menu lainnya, tapi daging ayamnya enak dan empuk. Nikmat banget dimasak dengan saus Teriyaki. ^^ Tapi bubuk cabe di atasnya sedikit menyebalkan.

Chawan Mushi

Chawan mushi nya reccomended buat dicoba. Rasanya sedikit lebih asin dari standard restoran lain tapi enak dan gurih banget. Teksturnya lembuuuuttt dgn potongan daging ayam dan jamur shimeji yang empuk nikmat.

Daikon

Daikon juga enak. Potongannya besar. Sepertinya dimasak ala oden tapi disajikan dengan kuah tori paitan yang lebih ringan. Meski teksturnya solid, tapi empuk dan gampang pecah waktu masuk mulut.

Yaki Chasiu

Yaki Chasiu nya juga enak dan harum banget. Teksturnya lebih garing dan kering. Tapi saya pribadi jauh lebih suka chasiu biasa yang empuk lembut. :3

Dashimaki Tamago

Dashimaki Tamago tapi termasuk menu yang rada bikin saya kecewa. Rasanya kurang lebih telur dadar biasa yang digulung dan malah agak hambar. Saya ngarepin tekstur yang lebih mulus dan lembut dan rasa yang lebih klasik telur Jepang sih, apalagi harganya nga bisa dibilang worthed kalau dapatnya ya kurang lebih telur dadar.

Tori Dango

Begitu pula dengan Tori Dango. Menu ini kurang lebih bakso ayam dengan campuran keju dan mungkin ada campuran daikonnya juga. Buat saya biasa saja. Tapi mungkin agak subjektif karena saya sendiri bukan penggemar bakso dan Tori Dango ini mengandung sedikit cabai kecil-kecil.

Matcha Creme Brulee

Untuk dessert, yang saya coba adalah Matcha Creme Brulee. Rasa creamy green tea nya enak dan nendang, dan gula diatasnya juga menyenangkan ketika masuk lidah. Tapi tekstur krimnya terlalu pekat dan agak berat untuk selera saya. Lalu entah kenapa ngga ada strawberry nya kayak yang di foto. :p

Untuk pelayanannya rasanya bisa ditingkatkan lagi kesigapannya. Overall oke, tapi kadang saya merasa sedikit kurang sigap atau cekatan. Makanan juga agak lama keluar, tapi masih saya maklumi kalau sedang ramai banget.


Marutama Ra-men Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato


Marutama Ramen
021 5724050
Sentral Senayan 1, Lantai Basement, Jl. Asia Afrika No. 8, Senayan, Jakarta




No comments:

Post a Comment