Monday, January 9, 2017

Honoka - I found my favorite Sake here

Honoka Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Saya suka sake Jepang. Terutama sake standard yang manis dan kalau di Jepangnya sendiri nga terlalu mahal (sebotol kecil sekitar 300ml sekitar 300yen). Cuma di Indonesia susah banget nemu tempat atau restoran yang jual dengan harga dan porsi yang affordable. Yang dijual pun biasanya yang pahit-pahit, bukan yang manis. Entah apa nama dan merk sake yang saya suka, mungkin memang bukan selera pasaran pecinta minuman keras. ^^;

Sampai akhirnya saya mampir di Honoka, sebuah restoran Jepang di bilangan Melawai, sebrang Blok M Plaza dan harusnya hitungannya masih termasuk di kawasan Little Tokyo. Banyak orang Jepang yang makan di sini, mungkin bersama kolega atau partner bisnis. Dan saya melihat di meja sebelah saya ada orang Jepang yang memesan sake di gelas kayu berbentuk kotak.

Karena porsinya masih pas buat saya, hanya segelas, dan harganya belum sampai 6 digit, masih bisa lah saya pesan untuk memuaskan rasa penasaran. Dan Eureka! Ini dia rasa sake yang saya cari-cari selama ini. Mungkin ngga persis dengan yang pernah saya minum di Jepang, tapi aroma rasa manis yang bikin pahit nya tidak terlalu kentara ini akhirnya bisa saya ketemu juga di Jakarta.


Sakenya disajikan dengan garam yang bisa ditaburi di pinggiran gelas kayak minum margarita. Mungkin supaya asin garam bikin rasa manis sakenya jadi lebih intense. Sebenarnya saya juga kurang paham bagaimana harusnya garam ini dipake. Cuma ngikutin meja sebelah aja. xD

Mungkin saya cuma kurang info saja kalau ternyata ada tempat lain yang jual juga. Tapi sejauh ini saya belum nemu lagi tempat lain yang menyajikan sake manis seperti ini.


Setelah puas menemukan minuman yang selama ini saya cari-cari, selanjutnya saya memesan set tuna dan salmon sushi dengan ekstra ikura gunkan dan tamagoyaki. Saya paling sering pesan yang ini karena isinya sushi favorit saya dan harganya tidak terlalu mahal. Secara rasa cukup enak dan kualitas tuna maupun salmon nya bagus.


Saya lupa hako sushi ini toppingnya unagi atau anago. Sebab 2-2nya ada di Honoka. Rasanya enak dan sausnya bikin seneng, tapi daging belutnya agak tipis untuk ukuran nasinya yang tebal.

Oh iya, menu takoyaki di sini teksturnya agak beda dengan takoyaki biasanya. Tapi enak dan layak dicoba. :)

Saya selalu mampir ke Honoka setiap kangen mau minum sake. Suasanyanya juga enak, oriental khas Jepang dan tidak seberisik Kashiwa dengan pelayanan yang baik. Selama pembangunan MRT mungkin mereka agak repot karena ketutupan dari jalan. Tapi semoga bisnis mereka tidak terlalu terganggu.


Honoka
021 7202883
Jl. Panglima Polim Raya No. 5B, Melawai, Jakarta

No comments:

Post a Comment