Saturday, March 4, 2017

Iwata Abura Soba - Central Park Jakarta


Ada restoran Abura Soba yang Februari kemarin baru buka di Central Park, namanya Iwata. Baru sekitar Maret ini saya berkesempatan mencicipi beberapa menunya. Lokasinya ada di samping Sunny Side Up, sederet dengan Kushiya Monogatari.

Varian Abura Soba Iwata tidak terlalu banyak dan tidak terlalu aneh-aneh seperti Yamatoten. Tapi jenis mienya agak berbeda. Potongan mie yang rada kotak mengingatkan saya pada udon, lebih tebal dari mie biasa tapi tidak setebal udon. Teksturnya lebih padat, firm, dan kenyal.

Shio Abura Soba

Varian utamanya ada shoyu, shio (garam), goma, dan curry. Untungnya yang reguler ada versi kecil jadi sekali datang saya bisa cobain 2 mangkok. Tapi secara harga lebih worthed yang reguler sih.

Tampilan shoyu, shio, dan goma abura soba kurang lebih sama tampilannya. Ada mie abura soba dengan topping daging giling, chasiu ayam, wakame, cai sim, bawang bombai, bawang goreng dan daun bawang. Waktu pesan Shio Abura Soba entah kenapa saya dikasih lemon dan bukan cuka.

Shoyu Abura Soba

Shio Abura Soba nya enak dan perasan lemonnya ngasih citarasa yang oke untuk keseluruhan hidangan. Rasanya simple dan sederhana, ngga neko-neko dan to the point. Mungkin karena itu Shio Abura Soba yang direkomendasikan di Iwata.

Sementara Shoyu Abura Soba rasanya paling mirip bakmi diantara ketiganya, Bukannya nga enak sih, tapi jadinya sangat biasa saja buat saya. Saya tambah cuka lumayan banyak supaya ada rasa asam dan lebih asik makannya.

Goma Abura Soba dan Kinpira Renkon

Goma Abura Soba rasanya lebih unik daripada shio dan shoyu karena menggunakan saus goma (wijen) yang manis gurih. Tekstur mie nya sedikit lebih slimmy dan rasanya kurang cocok ditambah cuka banyak-banyak.

Untuk side dish saya ada nyobain Kinpira Renkon, masakan tumis akar lotus dengan sedikit wortel. Rasa gurihnya sangat mild dan menyebar perlahan di mulut. Tekstur potongan akar teratainya tipis, empuk, dan sedikit crunchy. Cocok dicampur dengan shio atau shoyu abura soba.

Healthy Abura Soba

Healthy Abura Soba is easily my favorite dish in this place. Abura soba ini disajikan dingin-dingin dengan saus goma asam, dengan toping beberapa jenis sayur-sayuran. Kurang lebih mungkin ini bisa dibilang salad ditambah abura soba. Rasa asam gurih sausnya sangat mantap dan cocok banget berpadu dengan mie dan sayurnya. Buat yang doyan sayur atau doyan mie dingin kudu cobain yang satu ini.

Yang saya suka dari Iwata adalah tekstur mie nya yang lebih padat kenyal dan sayur/pelengkap yang disajikan bersama mie nya. Saya suka mie yang banyak varian sayur. Healthy Abura Soba nya juga sudah bikin saya ketagihan dan mungkin saya akan balik lagi demi itu. :d

Iwata Abura Soba Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

No comments:

Post a Comment