Tuesday, August 15, 2017

Ramen Time at Tsurukamedou - Green Ville

Tsurukamedou, I always eat here at weekdays~

Tsurukamedou adalah tempat ramen yang sudah lama ada dan lumayan dikenal di kalangan pecinta ramen meskipun ngga nangkring di mall. Ramen bangau dan kura-kura ini berlokasi di Green Ville, Ratu Kemuning, dekat dengan Saung GreenVille, seberang Papa & Mama Cafe Patisserie.

Variasi ramennya ada tonkotsu yang berbabi dan torikotsu yang chicken based. Ada juga menu dry ramen, nasi, gyoza, dan lain sebagainya. Cukup variatif tapi tetap konsisten dan tidak berlebihan.

Tonkotsu Ramen

Tonkotsu Ramen adalah signature dish di Tsurukamedou. Kuahnya termasuk pekat, creamy gurih asin dan ada hint asam cuka. Gurih babi nya nendang, tapi kurang feeling rasa manisnya aja. Tapi lidah saya mang cenderung doyan yang manis. Hehehe~ Kadar lemak dan minyaknya cukup pas buat saya. Saya masih lebih suka tipe kuah Ikkudo Ichi, tapi Tsurukamedou termasuk tipe kuah yang saya doyan. :d

Tonkotsu Ramen

Ramen disajikan dengan setengah butir telur, nori harum, irisan jamur kuping, irisan daun bawang, dan 2 potong chashu babi. Telur ramennya enak, bumbunya meresap, empuk dah lembut di tengah. Chashu agak beda dengan tempat lain. Lebih tebal berdaging dengan tekstur kasar, mirip tekstur dada ayam tapi seratnya lebih kecil-kecil dan lembut. Rasa chashu nya enak~ Meski kalau untuk chashu buat saya Marutama masih juara, tapi chashu di sini juga not bad.

Yang paling berasa setelah makan, mungkin rasa dan bau daun bawangnya. Saya sendiri doyan saja dengan daun bawang yang agak kencang, kalau bisa malah sekalian ada bawang putih tambahan. Tapi untuk yang ngga terlalu suka daun bawang mungkin sebaiknya minta tidak usah dikasih atau sedikit saja.

Torikotsu Ramen

Untuk yang tidak makan babi, Tsurukamedou juga menyajikan Torikotsu Ramen. Isinya sama dengan Tonkotsu Ramen tapi semuanya serba ayam. Kuahnya tidak se creamy yang kuah babi, tapi rasa gurihnya tetap nendang dan menurut saya kualitasnya nga kalah sama Tonkotsu Ramen. Chashu ayamnya juga tebal dan cukup empuk.

Yaki Buta Chashu Aburi Ramen

Menu Ramen terbaru di Tsurukamedou adalah Aburi Ramen. Saya nyobain yang Yaki Buta Chashu Aburi Ramen. Disajikan dengan 2 slice yaki chashu babi dan kuah kaldu tonkotsu secara terpisah. Kuahnya lebih sedikit dan telur, jamur, dan nori juga tidak termasuk pada menu ini. Secara harga tapi lebih ekonomis. Mungkin harusnya dimakan seperti bakmi ayam biasa. Tapi saya sendiri lebih suka memakannya ala tsukemen. Mie dicelup ke kuah, lalu disruput. Kuah Tsurukamedou cukup pekat dan enak untuk dimakan seperti tsukemen.

Gyoza

Gyoza di sini cukup oke. Kualitas kulitnya baik dan isinya juga enak dan juicy. Ukuran tidak besar-besar amat, 1 porsi dapat 6 pieces. Saya cobain yang pork dan ebi, Saya lebih suka yang pork. Yang ebi sepertinya isinya campuran daging ayam dan udang. Saya ngarepin tekstur udangnya lebih terasa sih, tapi yang sekarang juga not bad lah.

Yaki Buta Chashu

Yaki chashu bisa dipesan secara terpisah 3 atau 5 slice. Ukurannya lebih besar daripada yang di ramen dan kadar minyaknya sungguh aduhai. Tapi teksturnya kadang ada potongan yang kurang empuk, ada yang cukup empuk, jadi ngga terlalu stabil. Begitu kena lidah tapi tetap bikin senang.

Buta Chahan

Oh iya, nasi goreng nya juga di sini termasuk enak dan layak dicoba. Bumbunya nendang di lidah dengan rasa yang dominan gurih asin (dan syukurlah tidak pedas~). Porsinya tapi mungkin rada kecil untuk ukuran cowo, soalnya saya rasa ini lebih sebagai pendamping saja kalau masih belum kenyang sama ramen doang. Kekurangannya tapi kadang saya ketemu bagian tulang muda, jadi agak mengganggu waktu kekunyah.

Suasana tempat makannya sendiri cukup casual dan tidak terlalu besar. Biasanya diputar lagu-lagu Jepang dan Korea. Pelayanannya baik dan ramah, cuma kadang suka kelupaan tipe mie atau tingkat kematangan yang saya pesan. Setelah selesai makan, kita disajikan free jelly dessert.

Btw, kalau setelah makan fotonya di post di instagram dan tag 1 orang atau lebih, kita bisa dapat diskon 10%. Saya nga tahu tapi promonya bakal berlaku sampai kapan. xd


Tsurukamedou
021 56940712Jl. Ratu Kemuning Raya Blok A2 No. 8A, Green Ville, Jakarta

Tsurukamedou Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

No comments:

Post a Comment