Sunday, November 19, 2017

Pork Tonkotsu style by Menzo Ramen Central Park

Menzo Ramen

Menzo Ramen hadir di Central Park menggatikan Iwata Abura Soba. Posisinya ada di sebelah Sunny Side Up dan Java Kitchen. Bukanya baru sekitar seminggu yang lalu. Layout interiornya masih sama dengan layout Iwata. Sebenarnya agak risky karena layoutnya bikin orang cenderung memilih makan di bangku pinggiran dan baru duduk di tengah kalau yang pinggir sudah penuh. Bikin kalau dari luar sekilas kesannya sepi, padahal mungkin ada yang lagi pada makan di pinggir-pinggir. xD;

Menunya tidak banyak, variasinya cukup fokus untuk restoran ramen. Kalau search google sepertinya Menzo Ramen pertama kali hadir di Malaysia. Mungkin didirikan oleh orang Jepang yang tinggal di Malaysia. Style nya adalah ramen dengan kuah tonkotsu yang rich. Mayoritas menu nya mengandung babi, tapi ada yang pakai ayam juga.

Classic Tonkotsu Ramen

Untuk ramen yang lengkap dengan chashu, isinya terdiri dari mie yang modelnya kecil dan lurus (my favorit kind of ramen noodle), kuah kaldu, telur 1 butir, 2-3 slice chashu, irisan daun bawang, jamur kuping, dan nori seaweed. Ada juga condiment bawang putih goreng dan shoyu di atas meja.

Harganya Rp65.000 belum termasuk pajak. Kalau mau makan yang lebih ekonomis bisa pilih yang pakai telur saja atau yang ramen basic saja. Porsi mie nya termasuk banyak. Habis makan dari sini saya selalu kenyang banget.

Telurnya lembut dan empuk, tapi agak overcooked dan terasa dingin. Rasanya tapi enak dan teksturnya masih oke sehingga saya tidak terlalu masalah meskipun sedikit dingin.

Potongan chashu nya pas pertama kali makan cukup tebal dan empuk nya masih termasuk oke. Chashu nya tapi tidak se spesial tempat-tempat lain seperti Marutama. Kali kedua saya makan chashu nya sedikit lebih tipis dan lebih alot dari sebelumnya. Mungkin kualitasnya belum konsisten saja.

Ada 3 variasi untuk jenis kuahnya, classic tonkotsu, kuro mayu, dan 1 lagi pedas jadi tidak saya cobain.

Yang Classic Tonkotsu kuah kaldu nya lumayan enak, asin gurihnya pas serta cukup rich.  Teksturnya tapi agak kental. Kuah pekatnya menempel dengan baik di permukaan mie dan bikin rasa mie nya lebih enak, tapi lama kelamaan sensasi gurihnya seperti mendem teksturnya yang kental bikin kenyang dan  bosan sehingga malas untuk saya habiskan.

Kuro Mayu Ramen

Kali kedua datang saya cobain yang Kuro Mayu. Entah apa memang tekstur kuahnya dari sananya berbeda dengan classic tonkotsu atau apa karena saya pernah bilang sebelumnya kalau kuahnya agak kental. Kali ini kuah sup nya lebih encer dan tidak terlalu nempel ke mie nya, tapi lebih mudah saya nikmati sampai habis. Secara rasa masih mirip-mirip dengan classic tonkotsu. Mungkin sedikit lebih asin, tapi tidak terlalu jauh sehingga saya ngga ngeh. Gurih asinnya juga cukup pas untuk saya.

Gyoza

Gyoza selalu tersedia di restoran ramen dan di sini bisa pilih mau porsi 3 pieces atau 5 pieces. Ukuran Gyoza Menzo Ramen cukup besar dibanding restoran ramen lainnya. Isiannya saya kurang tahu apakah ayam atau babi. Tekstur kulit gyozanya tapi kurang garing sehingga kurang asik waktu digigit. Harganya lumayan mahal sih, sekitar Rp10ribu an lebih sedikit per piece nya. Saus kecapnya lumayan asam.

Pork Fried Rice

Pork Chahan Fried Rice nya oke. Secara rasa lebih enak punya Tsurukamedou sih, tapi di sini porsi nya lebih besar dan potongan daging babi nya juga dikasih melimpah. :) Bakal lebih enak kalau bumbu atau bawang putihnya lebih banyak dan tekstur nasinya tidak terlalu empuk.

Saya masih penasaran dengan tsukemen, curry rice dan teriyaki rice. Moga-moga menu tsukemennya bisa segera nongol~


Menzo Ramen Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

No comments:

Post a Comment