Sunday, November 5, 2017

Chateraise Senayan City - Another Japanese Patisserie that I fell in love at the first bite


Chateraise

Setelah sekian lama akhirnya kesampean juga mampir ke Chateraise Senayan City. Patisserie ini merupakan toko dessert merk dari Jepang yang mengklaim kue-kue mereka di import dari Jepang langsung. Setengah percaya ngga percaya sih. Saya sungguh penasaran bagaimana caranya mereka mengatur timing serta biaya untuk import jauh-jauh dari Jepang.

Cakes~

Tampilan kue-kuenya sungguh semarak dan sebenarnya saya kepingin cobain semuanya. Tapi karena keterbatasan kuota perut maupun dompet, saya beli yang paling menarik perhatian dulu. Di Etalase pertama ada berbagai jenis cake. Ada beberapa yang sepertinya komposisinya mirip (shortcake warna putih dengan buah-buahan di atasnya).

Berdasarkan pengamatan, yang berbentuk slice segitiga krimnya lebih banyak, sementara yang berbentuk kotak, krimnya lebih tipis dan bolunya lebih tebal. Jenis buah yang dipakai juga berbeda-beda.

Legendary Fresh Cream Cake & Crispy Chocolate Cake

Pilihan saya jatuh pada Legendary Fresh Cream Cake yang jadi number 1 Best Seller, Crispy Chocolate Cake yang konon Best Seller number 2, dan Roll Brulle karena paduan roll cake dan brulee adalah hal yang baru buat saya dan saya ngga bisa bilang ngga untuk roll cake maupun creme brulee. :d

And it was love at the first bite~ Kue-kue di Chateraise benar-benar asli cake Jepang. Legendary Fresh Cream Cake nya bikin saya ketagihan. Manis krimnya bikin bahagia banget, tapi ngga bikin enek karena kadar manisnya pas teksturnya ringan di mulut. Bolunya juga empuk dan lezat banget, berpadu indah dengan krim, selai, dan buah strawberry. Rasanya kayak saya bisa makan cake ini sebanyak apapun. Wajar banget ini jadi best seller Chateraise.

Saya suka banget dengan cake Bonjour dan untuk kelembutan kue menurut saya Chateraise belum ngalahin Bonjour. Tapi secara rasa maupun ukuran kue, saya lebih suka Legendary Fresh Cream Cake nya Chateraise. 

Crispy Chocolate Cake mungkin bukan tipe cake favorit saya karena saya bukan penggemar ala-ala tiramisu atau semacamnya. Tapi coklatnya nendang banget dan enaknya tetap luar biasa. Bolu coklat dan bubuk coklatnyanya sungguh lezat dan di tengahnya ada potongan coklat sepeti flake untuk memberi tekstur kue yang lebih menarik. Penggemar coklat wajib nyobain yang ini.

Roll Brulee & Cheese Tart

Dibanding Crispy Chocolate Cake, saya masih lebih suka Roll Brulee nya. Yang ini rasanya lebih overpower daripada Legendary Fresh Cream Cake karena teksturnya yang lebih pekat creamy dan rasa manis tambahan pada caramelized sugar di bagian atasnya. It's heaven in my mouth.

Cheese Tarts
Chateraise juga menyediakan menu Cheese Tart seharga Rp30ribuan lebih. Hampir sama dengan harga Cheese Tart Pablo? Tapi ini mungkin Cheese Tart terbaik yang pernah saya makan di Jakarta dan bahkan sepertinya lebih enak daripada cheesetart-cheesetart yang pernah saya beli langsung di Jepang. Jadi langsung nyesel saya ngga mampir ke Chateraise di negara asalnya.

Kejunya berasa banget, tapi tetap creamy dan kadar manisnya juga pas. Lezatnya bikin bahagia, apalagi disajikan dengan cukup fresh. Kualitas crust wadahnya juga berasa banget, rapih dan solid seperti cheese tart di Jepang, pas banget mengimbangi rasa keju krim diatasnya.

Dorayaki, Fluffy Cream Roll, & Double Fantasy

Tapi di Chateraise tidak hanya menjual cake maupun cheesetart, dan tempat ini berhasil membuat saya benar-benar lupa sama yang namanya diet. Di etalase kaca kedua, beberapa varian Cream Puff, Dorayaki (Azuki Bean and Cream Pancake), Custard Eclair, dan Fluffy Cream Roll. Saya terjerumus dalam kekhilafan, mencoba masing-masing kue tersebut satu per satu. Untuk Cream Puff saya pilih yang rasa original Double Fantasy.

Fluffy Cream Roll

Fluffy Cream Roll nya sungguh membuat saya teringat sama roll cake yang saya beli di Minimart Jepang tapi lebih enak ini. Creamnya yang aduhai berpadu sangat baik dengan kue bolu gulungnya dan sungguh nikmat di setiap potongnya.

Azuki Bean & Cream Pancake

Dorayakinya juga mungkin dorayaki paling enak yang pernah saya makan sejauh ini. Tekstur kuenya seperti ada diantara dorayaki dan pancake, jadi lebih fluffy dan lebih lezat dibanding dorayaki standard. Di tengahnya diisi kacang merah yang dikelilingi krim putih. Doraemon pasti bahagia banget kalau bisa makan ini.

Double Fantasy Cream Puff

Cream Puff a k a Kue Sous Double Fantasy di Chateraise diisi 2 jenis krim, krim putih seperti yang digunakan pada cake, dan krim vanilla custard. Porsi isian krim nya sungguh murah hati dan enak banget. Roti pinggirannya tipis dan lembut, tapi tidak rapuh. Varian lainnya ada rasa Coklat dan Matcha.

Custard Eclair

Diantara semuanya, Custard Eclair mungkin yang paling biasa saja buat saya. Teksturnya mirip dengan Cream Puff sebelumnya, hanya bentuknya beda, dan ada coklatnya. Isiannya juga sepertinya hanya 1 jenis krim custard. Tapi tetap lezat dan menyenangkan untuk diganyam.

Cream Puff, Dorayaki, Eclair, dan Roll Cake ini fresh dalam kondisi dingin. Jadi sebaiknya dikulkasin kalau tidak mau langsung dimakan.

Caramel Latte + Hokkaido Cream

Untuk minuman, Adik saya mencoba Caramel Latte + Hokkaido Cream. Sebenarnya dia beli karena penasaran Hokkaido Cream nya kayak apa. Enak sih, tapi hampir sama dengan krim yang digunakan pada kue. Kopinya sendiri termasuk biasa saja. Bau karamelnya lumayan, tapi tidak terlalu terasa sewaktu diminum.

Longevity Ring & Baked Cheese Tarte

Castella Japanese Sponge Cake

Terakhir, untuk cemilan dibawa pulang (iya, maaf saya khilaf), saya beli yang lebih tahan lama meskipun tanpa kulkas. Yaitu Longevity Ring alias Baumkuchen, Japanese Sponge Cake Castella, dan Baked Cheese Tarte. Display etalase nya agak mojok di dekat coffee counter. Ada yang dijual 1 box sekaligus, cocok untuk jadi bingkisan hadiah. Overall enak-enak, tapi saya masih lebih suka produk-produk Chateraise yang cake, dorayaki, atau fresh cheese tart.

Longevity Ring

Longevity Ring atau Baumkuchen Chateraise lebih padat dan rasanya juga lebih rich daripada baumkuchen family mart. Aromanya juga lebih menggoda. Hampir seperti lapis legit, tapi rasa manisnya pas dan tidak seberminyak atau sekuat kue lapis legit. Kue lapis legit juga teksturnya lebih padat daripada ini. Kayaknya enak kalau dimakan dari kulkas atau kalau dipanaskan dulu.

Castella

Castella Japanese Sponge Cake ini teksturnya benar-benar seperti kue bolu dan agak berminyak. Rasa manisnya sedikit berbeda dengan yang lain. Mungkin karena di komposisinya tidak mengandung susu atau kacang, jadi manisnya lebih simple rasa manis gula.

Baked Cheese Tarte

Kulit pinggiran Baked Cheese Tarte nya lebih lembut dan empuk, sehingga lebih rapuh daripada yang fresh cheese tart. Wangi butternya juga lebih terasa. Tekstur tengahnya juga lebih seperti 'kue', tidak creamy. Tapi waktu digigit rasa kejunya mantap banget dengan paduan gurih manis asin yang bikin nagih. Saya lebih suka fresh cheese tart nya. Baked Cheese Tart tapi lebih murah sekitar 1000-2000 Rupiah, sedikit lebih lebar, dan tahan lebih lama.

Sekian dulu kali ini. Pasti saya bakal balik lagi untuk nyoba kue-kue lainnya~


Châteraisé Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

No comments:

Post a Comment