Wednesday, February 1, 2017

Ippudo Ramen now open at Central Park



Ippudo akhirnya buka di CP dan untuk minggu-minggu awal ini sepertinya penjualannya cukup oke. Biarpun weekdays, kalau sudah jam makan selalu ramai dan lumayan antri. Selama masa baru buka, mereka ada promo harga Ippudo Bun hanya Rp10.000,- untuk setiap pembelian ramen reguler. Jadilah saya memanfaatkan masa promo ini untuk nyobain berbagai ramen, Ippudo bun, dan dessert mereka.

Sebenarnya Ippudo sudah lama ada di Pacific Place dan dulu saya pernah makan sekali. Tapi karena posisi kurang strategis dengan tempat tinggal dan tempat kerja maka saya jarang ke PP. Untungnya kali ini Ippudo nongol di Central Park sehingga saya gampang makan di sana mulai sekarang. :d

Shiromaru Motoaji

Shiromaru Motoaji

Classic & Original. Tipe kaldunya khas Hakata ramen dengan dominasi rasa asin, gurih, dan agak creamy. Tipe mie nya yang tipis dan lurus (straight) tapi meskipun kecil teksturnya tetap firm elastis dan tidak rapuh. Saya lebih suka yang hard atau extra hard karena mienya lebih firm dan enak digigit. Chasiunya tapi biasa saja. Masih termasuk mudah digigit, tapi teksturnya agak kasar. Sepertinya lebih enak dengan telur dan kakuni supaya lebih gurih dan dapat sedikit rasa manis.

Akamaru Shinaji Kakuni

Akamaru Shinaji + Kakuni

Sewaktu ramen ini sampai di meja, saya agak bingung dan menduga-duga rasa macam apa yang akan saya dapatkan dengan tampilan kuah kaldu Hakata yang ditambah macam-macam bumbu sehingga terlihat campur baur begini. Belum lagi karena ada sedikit rasa pedas, saya jadi agak cemas sebelum makan.

Namun ternyata kaldu tipe Akamaru ini akhirnya yang menjadi tipe kuah favorit saya di Ippudo. Rasa pedasnya tidak seberapa dan langsung hilang setelah diaduk rata. Kuahnya sangat gurih berbumbu, creamy, dan malah tidak seasin yang shiromaru. Ada sedikit rasa manis, mungkin dari miso yang juga dicampurkan ke kaldu. Pas banget lah buat saya ramen yang satu ini.

Mie yang digunakan juga sama dengan shiromaru, bisa pilih mau hard atau lebih soft, kecil, dan lurus. Kuah dan bumbunya melapisi mienya dengan baik. Daging kakuni juga menambah keistimewaan ramennya. Empuk dagingnya menurut saya tidak terlalu istimewa. Tapi lemak babi yang meleleh dan menyebar di mulut menambah citarasa gurih manis pada hidangan ramen. Potongan yang saya dapatkan tapi sepertinya kebanyakan lemak daripada dagingnya, membuat saya kuatir dengan kadar kolesterol yang saya makan. ^^;

Sapporo Miso Ramen
Miso Ramen

Di menu hanya dituliskan sebagai Miso Ramen dan sudah tidak ada kata Sapporo meski di bon masih tertera nama kota tersebut. Ramen ini disajikan dengan setengah telur rebus dan 2 potong chasiu. Tersedia pilihan Halal (ayam) dan non-Halal (babi). Mie yang digunakan berbeda dengan shiromaru dan akamaru. Teksturnya lebih curly bergelombang, serta tidak bisa pilih mau hard atau soft.

Kuahnya tidak creamy namun tetap keruh dengan rasa miso, bawang, dan kaldu dengan rasa yang kuat. Ramen ini bukan pilihan favorit saya di Ippudo, tapi tetap enak dan istimewa. Terdapat potongan kecil daging giling yang bikin saya ingin sruput terus kuahnya supaya bisa makan dagingnya sampai habis. Kalau sedang tidak ingin yang creamy namun tetap ingin rasa kuah yang kuat, miso ramen bisa jadi pilihan yang boleh dicoba. ^^

Tokyo Shoyu Chicken Ramen

Tokyo Shoyu Chicken Ramen

Selain Chicken Miso Ramen, Tokyo Shoyu Chicken Ramen merupakan pilihan ramen Halal yang saya rekomendasikan. Kuahnya paling ringan dan paling jernih diantara semua ramen yang saya coba. Lemaknya juga tidak sebanyak yang lain sehingga kaldunya terasa lebih bersih di lidah. Meski demikian rasa kaldu ayam dan shoyu nya tetap nendang dan bertahan lumayan lama di mulut. Awalnya saya kira rasanya akan paling 'biasa' dibanding yang lain, tapi ternyata saya salah. ^^;

Secara topping kurang lebih sama dengan miso ramen, hanya ada tambahan sepotong naruto supaya klasik khas Tokyo Ramen. Tekstur mie nya juga seperti miso ramen, agak bergelombang (curly). Kalau suka rasa kaldu yang lebih jernih dan bersih, saya rekomendasikan ramen yang satu ini.

All 3 Ippudo Buns
Kiri: Chicken Bun   Tengah: Pork Bun   Kanan: Shrimp Bun

Ippudo Bun terdiri dari 3 variasi. Ada yang isi daging chasiu babi dengan saus manis, ada yang isi ayam goreng tepung, dan juga isi udang goreng tepung. Yang nomor 1 paling enak tentulah si pork bun. Rasa chasiu dan manis sausnya berpadu harmonis dengan sedikit mayonaise dan roti steam empuk.

Tapi kalau mencari yang Halal, masih ada yang isi ayam maupun isi udang. Menurut saya yang udang lebih enak dan legit daripada ayam. Chicken bun yang saya dapatkan minyaknya lumayan dan meskipun tetap enak tapi kalau dibanding dengan 2 lainnya saya rasa masih kalah. Tapi kalau alergi seafood dan mau cobain Ippudo Bun, yang ayam juga oke.

Atas: Rooibos Pudding   Bawah: Annin Noodles

Untuk dessert saya mencoba Rooibos Pudding dan Annin Noodles. Rooibos Pudding ini sebenarnya milk pudding saus gula dengan sedikit twist aroma teh pada sausnya. Sedangkan Annin Noodles secara rasa mirip almond leci pudding di restoran Chinese food. Twistnya ada di soy milk sauce, bubuk kayumanis, mint, biji teratai(?) dan penyajiannya yang dibuat seperti potongan mie sehingga memberikan tekstur yang menarik waktu masuk mulut. Keduanya sebenarnya ngga sampai mindblowing banget, but still not bad at all. :d

Meskipun saya pernah nyobain ramen yang lebih enak, tapi Ippudo termasuk restoran dengan kualitas ramen yang memuaskan. Semua varian mie yang saya coba di Ippudo ngga ada yang ngga enak. Setiap jenis kaldu memiliki keunggulan dan charm nya masing-masing. Datang ke Ippudo jadi menyenangkan ketika tahu semua ramen yang akan saya coba pesan pasti enak. Milihnya tinggal tergantung mood sedang ingin ramen dan kuah yang seperti apa.

Note. Saya ngga cobain Karakka Men karena saya ngga suka pedas dan sepertinya ramen yang satu itu yang paling pedas. ^^;

Ippudo Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

No comments:

Post a Comment